Friday, May 7, 2010

Pameran Jasa Konstruksi & Seminar Nasional


LPJKD-Sumut Gelar Pameran Jasa Konstruksi & Seminar Nasional


Untuk pertama kalinya pameran jasa konstruksi digelar di Medan. Pameran yang direncanakan 30 April-1 Mei 2010 di Griya Dome Center Medan itu, dilaksanakan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah ( LPJKD ) Sumut dalam rangka perayaan HUT ke- X, LPJKD Sumut.

Ketua Panitia HUT LPJKD, Ruslan Girsang menjelaskan, pameran jasa konstruksi tersebut akan diikuti puluhan peserta. Antara lain menampilkan produk material jasa konstruksi, informasi keselamatan pembiayaan jasa konstruksi.
Peserta yakni PT. Growth Sumatera dan Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) sebagai sponsor utama, PT Atap Teduh Lestari, PT Panaisah Utama, A2K4, PT SIKA Indonesia, PT Adi Karya, PT Adi Mix, PT Asesori Pipa, PT Retona , Jamsostek dan Bank Sumut, dll.


" PT Growth Sumatera, salah satu pemasukan utama besi baja ke proyek Bandara Kualanamu, PT SIKA Indonesia untuk atap kualanamu. Tentunya akan semakin memperkaya khasanah pelaku jasa konstruksi. Demikian juga Bank Sumut dengan produk jasa konstruksinya akan mempermudah pengetahuan informasi pembiayaan jasa konstruksi kepada kontraktor," jelas Ruslan.



Hal ini disampaikannya usai rapat persiapan pelaksanaan perayaan HUT ke-X, LPJKD Sumut di kantor LPJKD Jalan Alfah Medan, Jumat ( 16/4 ). Rapat itu di ikuti Ketua Umum Dewan Pengurus LPJKD SUMUT Murniati Pasaribu, Sekretaris Umum Robertman Sirait dan Jajaran pengurus lainnya, serta para peserta pameran.


Selain pameran, kata Ruslan, serangkaian HUT itu juga meliputi Seminar Nasional Jasa Konstruksi juga digelar pada 30 April. Tiga pembicara nasional dihadirkan, yakni Direktur Multirateral merangkap Ditjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementrian Perdagangan RI, Ir Sondang Angreini Sitompul MA dengan topik " Perdagangan Bebas Dan Globaisasi ".


Kemudian Dirjen Industri Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka Kementrian Perindustrian RI, Ir Anzhari Bukhari MBA dengan topic " Standardisasi Bahan/ Barang" dan Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Bappenas RI, DPR Max H. Pohan dengan topic " Kebijaksanaan dan Regulasi Pembangunan Menghadapi Globalisasi".


Ruslan menambahkan, Wagubsu Gatot Pujougroho akan tampil sebagai keynote speaker dengan topic" Kebijaksanaan Pembangunan Infrakstruktur di Sumut dalam menghadapi Globalisasi". Peserta seminar terdiri dari para pelaku jasa konstruksi, bupati/walikota se-Sumut dan piahk-pihak yang terkait yang jumlahnya diperkirakan mencapai 300 orang.


Digelarnya juga Musyawarah Kerja Daerah ( Mukerda ) LPJKD Sumut dan puncaknya malam resepsi HUT LPJKD Sumut yang berlangsung di tempat yang sama pada, Sabtu malam (1/5). " Pertandingan olah raga dan lomba photo jasa konstruksi, juga digelar memeriahkan perayaan". Jelas Ruslan.


Ketua Umum LPJKD Sumut, Murniati Pasaribu mengatakan, pada prinsipnya kegiatan HUT LPJKD digelar untuk menyatakan persepsi dan pemahaman terkait pengembangan jasa konstruksi di Sumut."Melalui kegiatan, diharapkan tercipta sinergi dan kerjasama yang terintegrasi untuk sama-sama membangun Sumut", ujar Murniati. Dari: Medan Bisnis-Medan/Benny Pasaribu

No comments:

Post a Comment